Going To Indonesia Fashion Week 2013

Sunday, 27 January 2013

Indonesia's Fashion

Pepatah "Don't judge the book by its cover" mungkin udah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang berpendapat klo penampilan di luar tidak menunjukkan apa yang ada dalam diri seseorang.
Tapi, bagi saya pribadi, first impression itu penting, dan ga ada salahnya juga kan kita memperhatikan penampilan luar kita juga? :)
Di mata saya, era kini masyarakat Indonesia sudah semakin sadar akan penampilan. Mulai dari gaya berpakaian, potongan rambut, model sepatu dan semacamnya. Tidak hanya sekedar tampil rapi dan menawan, masyarakat Indonesia, khususnya para remaja dan eksekutif muda juga mengekspresikan dirinya melalui penampilan.

Dalam 5 tahun terakhir, fashion di Indonesia mulai berkembang pesat. Mulai dari semakin banyak bermunculan desainer-desainer lokal yang berbakat, street style di kota-kota besar hingga Fashion Blogger di dunia maya yang bermunculan tiap harinya. Fashion dimasa kini tidak hanya dianggap sebagai penggerak roda perekonomian sampingan saja, namun perannya kini lebih luas. Bahkan, melalui Fahion nama Indonesia pun lebih terangkat. Contohnya gaun karya Tex Saverio yang dipakai Lady Gaga dalam majalah Bazaar US menunjukkan kepada dunia Internasional bahwa ada desainer Indonesia yang sangat kreatif dan berbakat, juga salah satu gaun Biyan yang dikenakan dalam serial tv Gossip Girl.

Tex Saverio's design for Lady Gaga

Nah, semenjak tahun 2012 kemarin, karena antusiasme dari masyarakat Indonesia akan perkembangan fashion local, hadirlah Indonesia Fashion Week untuk pertama kalinya pada tanggal 23-26 februari yang berlokasi di JCC. Acara yang berlangsung selama 4 hari ini dimeriahkan dengan 405 booth dengan 380 local brand dan 114 desainer ini berhasil menyedot pengunjung sebanyak 32.351 orang!

Untuk di tahun 2013 ini, IFW akan dilaksanakan pada tanggal 14-17 Februari mendatang ini akan memiliki 3 segmen yaitu:
  • Starting Point - pada segmen ini, akan dipamerkan karya dari para desainer yang akan diproduksi secara masal (mass production). Untuk segmen ini hanya para buyers yang diperkenankan hadir dan tertutup untuk publik
  • Concept Point – segmen ini hadir untuk memfasilitasi para exhibitors yang ingin memamerkan complete set dari pakaian (pria/wanita), aksesoris, sepatu, dsb dalam 1 brand tertentu. Hasil karya dalam segmen ini diharapkan memiliki kualitas siap ekspor
  • Green Point - segmen ini adalah area bagi para pengunjung untuk mempelajari produk fashion yang ramah lingkungan serta sarana bagi para designer untuk memamerkan hasil karya mereka yang ramah lingkungan.
Penasaran kan? makanya, luangin waktu kamu dari tanggal 14-17 Februari 2013 nanti for the biggest fashion event in Indonesia. See you there, folks!

 photo imgointo-pthblt1601_zpsc6519691.gif

2 comments: